August 23, 2017

Ini bukan postingan yang melibatkan banyak riset, jadi tolong jangan ditelan mentah-mentah ya. Penuh dengan opini.

Mau cerita tentang pikiran-pikiran yang muncul setelah nonton film Battleship Island yang baru saya tonton beberapa hari lalu bersama teman-teman. Kalau kamu belum nonton, nggak baca juga nggak apa-apa haha. Atau baca sinopsisnya dulu aja biar lebih jelas.

Film ini secara umum memperlihatkan perbudakan di zamannya Jepang menjajah Korea. Yang paling nempel dari awal sampai akhir film adalah kebiadaban Jepang ketika menjajah, sih. Dari situ saya jadi mulai membayangkan scenes waktu Indonesia dijajah Jepang. Nggak tega.

Masalahnya gini, saya, yang udah 22 tahun hidup di Indonesia, baru bener-bener kepikiran tentang kekejaman penjajah di Indonesia pada umur yang segini. Ironis, ya? Menurut saya hal-hal kayak gini yang bikin kebanyakan orang Indonesia nggak nasionalis. Karena nggak kenal sama sejarah bangsa sendiri.

Entah saya yang kurang effort, atau memang hal-hal krusial mengenai perjuangan Indonesia nggak ditanamkan dengan mendalam di negara kita. Nggak tau sih, ya, padahal patung-patung pahlawan banyak, museum sejarah di Indonesia juga sudah mulai direvitalisasi dan diperbanyak lagi, cerita tentang sejarah Indonesia juga nggak diumpetin di buku-buku pelajaran (mungkin ada beberapa yang diumpetin, tapi seenggaknya nggak seketat Jepang, sih).

Tapi dari film ini saya belajar bahwa edukasi mengenai sejarah bangsa sendiri itu penting, dan mungkin Indonesia perlu melibatkan media-media baru dalam mengedukasi masyarakatnya.

Tambahan:
This wiki article triggers my thoughts. Kamu bisa cobain baca, dan lihat kamu bakal kesel apa enggak hahaha. https://en.wikipedia.org/wiki/Japanese_war_crimes

Things, Scattered

July 04, 2017

1. HAPPY EID.

I spent my eid week mostly with my family, went out for meals, outdoor picnics, and malls. Mostly malls, because it's Jakarta. Yet after almost a week I spent here I didn't think of any place, padahal bisa mengunjungi art galleries or museums. But I'm not sure if they're open, though. Anyway, spending time with family is priceless. My most favorite place of all is Gunung Pancar located in Sentul. THERE ARE LOTS AND LOTS OF PINES uh my favorite. Pine forest kind of remind me of fantasy books. Loving its calming vibes. Padahal di Sentul itu nggak calming-calming banget sih haha panaasss. But it's okay.



2. Being selfish while understanding others

THAT'S JUST one impossible task to comprehend. I used to see it as one paradoxical state of mind, because come on, you cannot possibly being selfish yet still manage to understand people. I think maybe it's because when I am with somebody I love I tend to place myself after them, and after I learned about myself it always naturally happens that way. By doing this I kind of overlook their traits, I thought I knew them but I actually don't. I mean, I think you wouldn't fully understand them when you haven't understand yourself first.

Also I was kind of researching about MBTI character types while ago, to finally found myself astonished at how people could be so, so different. And so I made peace with myself, this kind of a spiritual journey for me lol, but really. Forgiving yourself is never easy. Forgiving self leads to accepting self. Accepting self leads to understanding self. Understanding self leads to understanding others. And that, mate, leads to forgiving others. Really, guys. I'm still in the process of all that, but to make peace with yourself and make peace with whatever emotions people gave you, is such a huge step forward.

And that's what I mean by being selfish. To understand, to accept yourself first before others. And while doing that you will find yourself accepting others, and for me it kind of set clear boundaries, I guess?

I thought of writing a single post about this but naaaaaah so many things going on inside my brain I need to pour them all first.

3. Friends are getting engaged

Yeah, that. If you ask me about when I will reach that stage, I could really write a single post about it because I don't have any straight answer (actually I have. It's: IDK). To be honest, can't see me having that in the near future (but only God knows amirite). Anyway, we won't talk about that.

I want to talk about the feelings those moments gave me. Seeing friends getting engaged here and there makes me realized that in the end the right one will come to you in the right time. Whether you wait for him or not. And we will, I repeat, we will, finally come across someone who has the same lame jokes like us, who understands us, who sees us as we are. And that thought soothes me. These chasing games were so tiring, weren't they? I think we should stop (I'm still trying, pls don't judge me), and you know, just live life to the fullest. So when we meet him we can be a whole piece of bubbly human being, not trying to complete each other, but to both agree to live a life as a partner together. TSAH teorinya mah gitu sih.

Happy for them. I'd love to shop some pairs of baju kondangan.

4. Graduation is coming

I'm so excited yet scared.

-

That's all for now. It's very scattered here inside my brain. Wishing you a wonderful days ahead.

Yours truly.

CTA #2: Yudisium

June 03, 2017










Tahun lalu liat 2012 pada yudisium, ngerasa masih lama bakal sampai ke tahap itu. Terus beberapa minggu yang lalu ternyata saya sampai di titik itu. Mual rasanya haha. Selain mual karena nilai apa yang bakal didapet, mual juga disebabkan karena mikir siapa aja ya yang bakal dateng hari ini untuk aku? Wakakak. Kenapa sih, Ca. Padahal mah biasa aja ya, harusnya. Tapi seneng aja gitu liat temen-temen dateng bawain bunga, milo, balon. Duh, nggak dikasih apa-apa juga seneng, deh, asal dateng.

Foto-foto di atas adalah masa-masa yudisiumku dan yudisium teman-teman jurusan tetangga. Kondisi yudisium tuh overwhelming ternyata. Overwhelming terharunya, bahagianya, dan pusingnya haha karena banyak banget orang haduh! Nggak sempet banyak foto-foto soalnya ribet. Tapi seneng liat orang-orang mukanya kayak abis... abis apa ya... abis nunggu keputusan hasil TA sih, nggak ada perumpamaan lain. Gitu pokoknya mukanya.

Belum sempet bilang makasih sama temen-temen yang dateng, jadi di sini aja ya walaupun nggak banyak yang baca.

Makasih buat temen-temen yang udah menyempatkan hadir, maaf nggak diucapin satu-satu karena takut kelewat dan pasti kelewat. Makasih buat orang-orang yang selalu ada dalam setiap proses per-TA-an ini. Tanpa mereka semua, aku cuma seonggok daging yang mojok di atas kasur tiap hari.

Alhamdulillah, alhamdulillah. Bersyukur dan deg-degan karena nggak yakin abis ini mau ngapain, but oh well. Life goes on.

Theme by: Pish and Posh Designs