FAQ: SBMPTN ITB 2013

June 18, 2015

Yang pernah mampir ke blog ini mungkin pernah tau postingan saya mengenai SBMPTN 2013 dan cerita saya sampai bisa masuk ITB. Postingan itu adalah salah satu postingan yang paling banyak pageview-nya, lho. Tapi sudah saya unpublish karena saya malu hehehe.

Tahun ini adalah tahun ketiga saya di ITB dan tentunya akan sangat basi kalau saya cerita tentang hal itu. Tapi karena banyak yang pengen tau tentang SBMPTN yang sempat saya jalani, terutama tes keterampilan FSRD ITB, di sini saya mau coba berbagi dengan jawaban yang sudah diringkas ya!

TES KETERAMPILAN FSRD ITB SOALNYA KAYAK GIMANA?

Dulu saya ngerjain tiga jenis soal. Di soal pertama saya diminta untuk menggambar objek yang ada di depan saya, atau nama kerennya live drawing. Saya diminta untuk menggambar gerabah dan buah melon yang diletakkan di atas kardus. Di soal kedua saya diminta untuk menggambar gambar suasana. Untuk gambar ini kalian nggak perlu pusing-pusing mikirin suasana apa yang mau digambar, nggak perlu berimajinasi tentang liburan ke pantai atau belanja di pasar yang sedang terjadi kecopetan, karena waktu itu saya dikasih soal deskripsi detail tentang objek yang harus saya gambar. Saya tinggal pilih satu suasana di antara tiga yang disediakan, lalu langsung digambar. Soal ketiga berupa tes psikologi. Waktu itu saya diminta untuk meneruskan garis abstrak yang sudah tersedia menjadi sebuah gambar objek utuh. Tiga soal tadi adalah soal yang saya kerjain tahun 2013. Mungkin akan ada perubahan soal setiap tahunnya.

PERSIAPAN APA YANG KAMU LAKUIN SEBELUM TES SBMPTN?

Saya cuma latihan pakai buku soal dan persiapan SBMPTN yang biasa dijual di toko buku. Saya sempat ikut les, tapi itu setahun sebelum saya ikut SBMPTN, waktu saya masih persiapan UN (anak SMK sekolahnya 4 tahun).

KOK BISA ANAK SMK MASUK ITB?

Ya bisa. Banyak kok dari teman saya yang dulunya anak SMK dan sekarang kuliah di ITB.

ADA NGGAK TIPS DAN TRIK LOLOS SBMPTN & TES KETERAMPILAN?

Latihan! Jangan cuma latihan mepet sebelum tes, tapi harus jauh sebelum itu. Biasain gambar kalau kamu emang suka gambar. Dengerin penjelasan gurunya instead of belajar semaleman sebelum tes. Dan berdoa, I guess? The most powerful factor yet some people sometimes forget. There's no tips and tricks, you know, because you yourself are the only one who knows what you need to prepare.

APA KRITERIA KEBERHASILAN TES KETERAMPILAN SBMPTN?

Nggak tau. Saya bukan tim penilai. Saya pernah denger bahwa gambar yang diloloskan adalah gambar yang kelihatannya potensinya bisa dikembangkan. Tapi itu bukan dari sumber yang valid, jadi yang penting kerjain dan percaya diri aja.

SAYA NGGAK MENYELESAIKAN GAMBAR SAYA, MASIH ADA PELUANG MASUK NGGAK YA?

Gambar suasana saya juga waktu itu nggak selesai. Tapi saya masuk. (SENGA) (MAAP)

Well I hope this helps out. Good luck!

No comments :

Post a Comment

Theme by: Pish and Posh Designs