August 23, 2017

Ini bukan postingan yang melibatkan banyak riset, jadi tolong jangan ditelan mentah-mentah ya. Penuh dengan opini.

Mau cerita tentang pikiran-pikiran yang muncul setelah nonton film Battleship Island yang baru saya tonton beberapa hari lalu bersama teman-teman. Kalau kamu belum nonton, nggak baca juga nggak apa-apa haha. Atau baca sinopsisnya dulu aja biar lebih jelas.

Film ini secara umum memperlihatkan perbudakan di zamannya Jepang menjajah Korea. Yang paling nempel dari awal sampai akhir film adalah kebiadaban Jepang ketika menjajah, sih. Dari situ saya jadi mulai membayangkan scenes waktu Indonesia dijajah Jepang. Nggak tega.

Masalahnya gini, saya, yang udah 22 tahun hidup di Indonesia, baru bener-bener kepikiran tentang kekejaman penjajah di Indonesia pada umur yang segini. Ironis, ya? Menurut saya hal-hal kayak gini yang bikin kebanyakan orang Indonesia nggak nasionalis. Karena nggak kenal sama sejarah bangsa sendiri.

Entah saya yang kurang effort, atau memang hal-hal krusial mengenai perjuangan Indonesia nggak ditanamkan dengan mendalam di negara kita. Nggak tau sih, ya, padahal patung-patung pahlawan banyak, museum sejarah di Indonesia juga sudah mulai direvitalisasi dan diperbanyak lagi, cerita tentang sejarah Indonesia juga nggak diumpetin di buku-buku pelajaran (mungkin ada beberapa yang diumpetin, tapi seenggaknya nggak seketat Jepang, sih).

Tapi dari film ini saya belajar bahwa edukasi mengenai sejarah bangsa sendiri itu penting, dan mungkin Indonesia perlu melibatkan media-media baru dalam mengedukasi masyarakatnya.

Tambahan:
This wiki article triggers my thoughts. Kamu bisa cobain baca, dan lihat kamu bakal kesel apa enggak hahaha. https://en.wikipedia.org/wiki/Japanese_war_crimes

No comments :

Post a Comment

Theme by: Pish and Posh Designs