Zero Waste, One Step at A Time

July 31, 2018

Akhir-akhir ini saya melihat banyak teman-teman yang ramai-ramai membeli sedotan bambu ataupun stainless steel dalam upayanya mengurangi sampah sedotan plastik. Maksudnya intensitas orang-orang Indonesia untuk membeli produk zero waste sepertinya semakin meningkat akhir-akhir ini, yang pasti ini adalah berita bagus dan langkah awal kita buat memulai gaya hidup yang lebih sehat.

Meskipun dari kecil saya sudah diberi contoh sama ibu untuk nggak usah pakai plastik kalau belanja di warung, saya sendiri baru cari tau lebih dalam dan tertarik banget sama lifestyle ini tahun kemarin. Dari situ saya sering banget nontonin youtube dan bacain blog tentang zero-waste dan minimalist lifestyle. Untungnya waktu itu di sekitar saya sering sekali diadakan acara khusus seperti bazaar organik dan sejenisnya. Saya mulai kenal dan mencoba membeli barang-barang bebas plastik seperti sikat gigi bambu, tas belanja, sampai skincare organik. Saya juga mulai cari-cari resep raw foods, serta resep makanan yang pengolahannya lebih sehat.

Ada beberapa channel dan blog dengan konten zero-waste dan minimalist lifestyle yang sering saya kunjungi. Right now I wanted to share those to raise a little more awareness. Di bawah nanti juga saya akan memasukkan beberapa toko di Indonesia yang menyediakan barang-barang zero-waste atau organik yang mungkin bisa jadi referensi kamu!

BLOG & CHANNEL

1. Trash is for Tossers / Package Free


Trash is for Tossers adalah blog sekaligus channel Youtube yang dibuat oleh Lauren Singer. Di blog maupun channelnya, mbak Lauren ini berbagi tips gaya hidup zero waste mulai dari perlengkapan, makanan, sampai skincare. Tau nggak sih, mbaknya cuma menghasilkan sampah satu toples dalam setahun! Akhir-akhir ini sepertinya youtube-nya nggak begitu aktif, tapi kamu tetep bisa nonton video-video lamanya, blogpostnya, juga follow instagramnya. Dari trashisfortossers, mbaknya bikin bisnis toko perlengkapan zero-waste juga lho, namanya Package Free. Lucuk deh desainnya. Tapi kalau mau yang lebih murah dan nggak harus pesan dari luar negeri, kamu juga bisa cari toko lokal lainnya di Indonesia.

2. Pick Up Limes

img source: www.pickuplimes.com

Kalau yang ini channel dan blog yang lebih fokus ke resep-resep makanan organik yang dibuat oleh mbak Sadia Badiei. Ini bukan another food blog, kok, karena mbak Sadia ini memang lulusan dietetics. I personally love this mbak karena cara membawakan kontennya ademmmm banget, jadi berasa lah minimalist lifestylenya hihi. Iya, kadang-kadang mbaknya juga bikin konten minimalist lifestyle dan traveling. Kamu bisa mengunjungi channelnya, blognya, maupun instagramnya.

SHOPS

1. Cleanomic / cleanomic.net



Nah kalau udah merasa bahwa penting banget ternyata mengurangi sampah yang nggak bisa didaur-ulang! Jangan bingung-bingung. Salah satu referensi toko online yang menyediakan perlengkapan dan produk zero waste lokal adalah cleanomic.net. Selain sedotan, kamu juga bisa beli menstrual pad, sikat gigi, container, dan masih banyak lagi. Harganya relatif murah juga!

2. zerowaste.id



Selain Cleanomic, saya juga menemukan website zerowaste.id. Perintilannya juga kurang lebih sama seperti Cleanomic. Tambahannya, selain website untuk jual produk, mereka juga punya blog. Untuk produknya kamu bisa bandingkan sendiri ya, semuanya tergantung preferensi.

3. Toko Organic / @toko_organic



I'm not sure if zero-waste lifestyle necessarily related to organic lifestyle (somehow I feel they are siblings). While trying to purchase zero-waste appliances, organics may come to your mind. Therefore in Toko Organic, you can find, like, everything. Sebagian besar mereka menjual bahan-bahan makanan maupun makanan olahan organik, namun kamu juga bisa menemukan bodycare dan skincare organik di sini. Saya pernah berkunjung ke toko offline-nya di Bandung (Jl. Cimanuk), dan ternyata mereka punya dua cabang lagi yaitu di Bali dan di Jakarta. Selama ini toko offline yang menyediakan perlengkapan dan bahan-bahan organik yang saya tahu memang cuma Toko Organic. Mungkin teman-teman punya referensi tambahan dan bersedia berbagi?

Kalau kamu punya referensi lainnya tentang zero waste, boleh lho bagi-bagi! :)

1 comment :

Theme by: Pish and Posh Designs